Powered By Blogger

Selasa, 10 Februari 2009

Tips sehat Tradisional:Mencegah Mabuk Dalam Berkendaraan Jauh

Saya dulu sering mabuk. Saya dulu sering muntah dalam perjalanan. Terutama jika menggunakan bus atau kendaraan bermotor atau berbahan baker solar. Untuk kendaraan berbahan bensin saya pun tidak jarang terkena serangan mabuk. Saya tidak tahu kenapa saya mabuk. Saya hanya mual-mual jika melakukan perjalanan jauh. Setidaknya itu yang saya alami ketika saya masih kecil sampai masuk SMA. Setelah masuk SMA atau SMU saya tidak mengalami kejadian mabuk lagi. Kemungkinan karena SMU saya jauh sekitar 30 km dari dusun saya yang mengharuskan saya tiap hari menumpang angkot berbahan bakar solar, sehingga saya mulai terbiasa naik kendaraan dan menjadi hilang serangan mabuk yang sering mendera saya.

Saya masih ingat apa yang ibu saya lakukan atau tips apa yang ibu berikan kepada saya sewaktu saya ingin bepergian jauh supaya saya tidak terkena serangan mabuk berkendaraan. Salah satu tips sederhana dan sangat tradisional adalah dengan memberikan saya ketela rambat yang sudah dikupas mentah alias belum direbus atau dimasak untuk bekal diperjalanan. Dengan memakan ketela rambat mentah saya mampu mengurangi perasaan mual karena perjalanan jauh.

Semoga tips sehat ini bermanfaat. Akan lebih bagus lagi jika ditambah meminum secangkir kopi dicampur sesendok makan madu asli sebelum bepergian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar